Jumat, 25 Maret 2016

Pengertian dan penggunaan Kompresor



Kompresor adalah sebuah alat/mesin mekanik yang memiliki fungsi untuk meningkatkan tekanan fluida, yaitu gas atau udara.Secara umum cara kerjanya yaitu dengan mengisap udara, yang merupakan campuran beberapa gas dengan susunan 78% Nitrogren, 21% Oksigen dan 1% lain-lain( Argon, Carbon Dioksida, Uap Air, Minyak, dll) kemudian memampatkan dalam sebuah ruang/tabung bertekanan tinggi.Tujuan peningkatkan tekanan adalah untuk digunakan mengalirkan atau memenuhi kebutuhan fluida bertekanan untuk penggunaan dalam suatu system proses.




Dalam prosesnya kompresor bekerja dengan digerakan oleh sebuah motor untuk menghisap udara yang akan dikompresikan untuk dijadikan udara bertekanan yang nantinya difungsikan untuk berbagai kebutuhan. Motor penggerak kompresor sendiri dibedakan menadi 2 macam yaitu dengan listrik atau motor bakar. Untuk motor bakar kompresor membutuhkan tenaga dari pembakaran sebuah motor untuk menghisap dan kemudian mengkompresikannya menjadi udara bertekanan. Kompresor yang menggunakan motor bakar lebih fleksibel karena tanpa listrik dan bisa di bawa kemana saja tanpa harus mencari aliran listrik.
Kompresor umumnya digunakan untuk memberikan sebuah tekanan pada suatu mesin atau alat agar bekerja dengan maksimal. Pada dunia marine kompresor digunakan untuk sistem start pada main engine (mesin utama). Udara bertekanan tersebut untuk mengerakkan torak pada mesin utama untuk sistem start engine sebelum terjadinya pembakaran pada ruang bakar. Setelah terjadi pembakaran maka mesin akan lepas dari kompresor dan bekerja dengan sistem pembakaran yang digunakan oleh mesin itu sendiri. 

Berikut adalah beberapa penggunaan kompresor atau penggunaan udara mampat (bertekana tinggi),yaitu :
v 
v  1.  Sebagai penyemprot kotoran pada bagian-bagian mesin
v  2.  Rem pada bis dan kereta api
v   3. Pintu pneumatik pada bis dan kereta api
v   4. Pemberi udara pada aquarium
v   5. Kipas untuk penyejuk udara
v   6. Blower untuk peniup tungku
v   7. Fan ventilator
v   8. Udara tekan pada pengecatan
v   9. Pengangkat mobil pneumatis
v  10.Transportasi gas solid dengan pneumatik pada industri kimia 
   11. Pengisi udara pada ban sepeda atau mobil  

         
Karena proses pemampatan, udara mempunyai tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara lingkungan (1atm). Dalam keseharian, kita sering memanfaatkan udara mampat baik secara langsung atau tidak langsung. Sebagai contoh, udara mampat yang digunakan untuk mengisi ban mobil atau sepeda motor, udara mampat untuk membersihkan bagian-bagian mesin yang kotor di bengkel-bengkel dan manfaat lain yang sering dijumpai sehari-hari.
Pada industri, penggunaan kompresor sangat penting, baik sebagai penghasil udara mampat atau sebagai satu kesatuan dari mesin-mesin. Kompresor banyak dipakai untuk mesin pneumatik, sedangkan yang menjadi satu dengan mesin yaitu turbin gas, mesin pendingin dan lainnya.

1 komentar:

  1. vip tv 2k4d - YouTube | VideoDl
    Vip TV 2K TV has 720p HDTV available to use on Windows PC, Mac, and android. Features.viptv, the world's largest Vip TV app for mobile users. Rating: 5 · youtube mp3 ‎2 votes · ‎Free · ‎Android · ‎GBA

    BalasHapus